PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT RSUD JEND. A. YANI METRO

Rumah Sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan tingkat rujukan mempunyai tugas memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang meliputi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

Pelayanan promotif dan preventif di Rumah Sakit dapat diwujudkan melalui penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit.  Untuk itu Rumah Sakit berperan penting dalam melakukan Promosi Kesehatan baik untuk Pasien, Keluarga Pasien, SDM Rumah Sakit, Pengunjung Rumah Sakit, maupun Masyarakat Sekitar Rumah Sakit.

Penyelenggaraan Promosi Kesehatan dilaksanakan pada 5 (lima) tingkat pencegahan yang meliputi Promosi Kesehatan pada kelompok masyarakat yang sehat sehingga mampu meningkatkan kesehatan, Promosi Kesehatan tingkat preventif pada kelompok berisiko tinggi (high risk) untuk mencegah agar tidak jatuh sakit (specific protection), Promosi Kesehatan tingkat kuratif agar Pasien cepat sembuh atau tidak menjadi lebih parah (early diagnosis and prompt treatment), Promosi Kesehatan pada tingkat rehabilitatif untuk membatasi atau mengurangi kecacatan (disability limitation), dan Promosi Kesehatan pada Pasien baru sembuh (recovery) dan pemulihan akibat penyakit (rehabilitation)

Penyelenggaraan PKRS diatur dalam Permenkes Nomor 44 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit

Secara garis besar Promosi Kesehatan RSUD Jend. A. Yani Metro menyelenggarakan 3 (Tiga) program, yaitu  Kegiatan Dalam Gedung, Kegiatan Luar Gedung dan Pemberdayaan Media Promosi, dimana dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh civitas RSUD Jend. A. Yani Metro sesuai dengan kompetensinya.