Pemeliharaan Sarana dan Prasarana

Instalasi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana

Instalasi Pemeliharaan Sarana Medik

RSUD JEND. A. YANI METRO melakukan kalibrasi alat-alat medis secara internal RSUD JEND. A. YANI METRO yang dilakukan oleh petugas Instalasi Pemeliharaan Sarana Alat medik (IPSAM) meliputi Spygmometer (tensi), ECG (Electro Cardio Graphy), Function, dan ESU (ElectroSurgery Unit ) dan eksternal yang dilakukan oleh Badan Meterologi Kota Malang adalah timbangan.
Peningkatan kalibrasi internal dan kalibrasi eksternal melebihi 2 kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini terkait dengan adanya penambahan tenaga ahli kalibrasi serta alatnya. Kalibrasi alat-alat dilakukan sekali dalam setahun dan apabila ada kerusakan maka kalibrasi dapat dilakukan sebanyak 2 kali supaya lebih akurat.
Peralatan kesehatan harus memiliki performance yang ketat antara lain ketelitian (accuracy), kepekaan (sensitivity) reproduksibilitas dan aspek keselamatan (safety aspec). Pentingnya kalibrasi peralatan kesehatan agar dalam penggunaannya selalu siap pakai dan memenuhi standar teknis pemakaian alat tersebut.

Instalasi Pemeliharaan Sarana non Medik

Mesin boiler merupakan mesin yang berfungsi sebagai penghasil panas uap yang digunakan untuk keperluan laundrydan memasak di Instalasi Gizi.Mesin boiler yang dimiliki RSUD JEND. A. YANI METRO sebanyak 2 (dua) buah dengan merk Duff yang berkapasitas 3 tondan merk Hoval yang berkapasitas 650 kg.
Genset (generator set) berfungsi sebagai pemback-up listrik PLN apabila padam. Mesin genset yang dimiliki RSUD JEND. A. YANI METRO sebanyak 2 buah, masing-masing berkapasitas 630 KVA dan 450 KVA. Jika listrik yang disuplai oleh PLN padam, maka secara otomatis genset bekerja menggantikan suplai listrik dengan menggunakan mekanisme COS (Change Over System), yaitu durasi 5detik untuk setting waktu tenaga listrik sampai ke konsumen.

Translate »