Kateterisasi Jantung dan Pembuluh Darah

Cath Lab atau Kateter Jantung  RSUD Jend. A. Yani Metro

Cath Lab atau Kateter Jantung dan Angiografi adalah suatu tindakan medis/prosedur diagnostik invasif yang berfungsi untuk mendeteksi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung/koroner. Metodenya menggunakan sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh. Misalnya, jantung untuk melihat adanya penyakit, sumbatan, penyempitan, ataupun pelebaran pada pembuluh darah tersebut.

Melalui prosedur ini, dapat diketahui jenis tindakan yang sesuai bagi pasien. Sehingga dokter dapat merekomendasikan tindak lanjut pengobatan yang mana tergantung dari hasil angiografi. Tindakan termasuk pasang ring jantung, intervensi dengan balon, atau tindakan operasi bypass. Kateter jantung di RSUD Jend. A. Yani Metro dilakukan dan dukungan fasilitas yang moderen dan dokter spesialis jantung yang berpengalaman. Artinya deteksi jantung koroner dapat dilakukan dengan tingkat keakuratan yang tinggi.

Kenapa Melakukan Keteterisasi Jantung atau Cath Lab?

Pemeriksaan yang memvisualisasikan arteri jantung dan bilik jantung dan mengobati stenosis atau kelainan lain ini, dilakukan sebagai tindakan preventif dan kuratif. Cath lab bisa dimanfaatkan untuk deteksi dini demi melakukan pencegahan terhadap berbagai penyakit. Misalnya, deteksi dini pada orang yang memiliki riwayat penyakit jantung. Hal ini amat penting dilakukan demi menekan angka kematian akibat penyakit tersebut.

Melalui prosedur cath lab, dokter dapat mengambil keputusan tindakan medis apa yang sesuai untuk seseorang. Dengan begitu, dokter dapat merekomendasikan tindak lanjut pengobatan yang bergantung dari hasil angiografi. Misalnya, tindakan, seperti memasang ring jantung, intervensi dengan balon, ataupun tindakan operasi bypass.

Kateter Jantung atau Angiografi di RSUD Jend. A. Yani Metro

Dengan kateter jantung dapat diketahui kesehatan jantung pasien dan memahami permasalahan jantung yang menyebabkan serangan jantung. Pada saat kateter jantung, dokter spesialis jantung dapat melakukan banyak tindakan, salah satunya: menggunakan cairan kontras untuk melihat kelancaran pembuluh darah menggunakan sinar X-Ray, pasang ring jantung pada pembuluh darah yang menyempit, memeriksa tekanan di jantung, mengambil contoh darah untuk melihat kadar oksigen dalam jantung, serta memeriksa kesehatan jantung.

Kegunaan

•             Diagnosa anatomi struktural jantung dan pembuluh darah

•             Hemodinamik study

•             Elektro fisiologi (EP), pacu jantung

Terapi

•             Untuk penyakit jantung koroner dan pembuluh darah perifer

•             Perbaikan struktur jantung termasuk katup dan kelainan bawaan

•             Pemasangan pacu jantung

•             Ablasi

Alur Pelayanan CATH LAB: KLINIK –> PENDAFTARAN RAWAT INAP ( BOOKING ) –> ADMINISTRASI PASIEN / KASIR –> CATHLAB ( SESUAI JADWAL )

Translate »