PELAYANAN POLIKLINIK TUMBUH KEMBANG

PELAYANAN POLIKLINIK TUMBUH KEMBANG

Asuhan Terpadu Klinik Tumbuh Kembang (Aster Kumbang) RSUD Jend. A. Yani  Metro merupakan layanan tumbuh kembang terpadu RSUD Jend. A.Yani  Metro bagi anak yang mempunyai masalah tumbuh kembang.  Pelayanan Aster Kumbang merupakan kolaborasi layanan berbagai kompetensi medis dan penunjang medis serta layanan penunjang lainnya sesuai kebutuhan pasien.

Poliklinik Tumbuh Kembang RSUD Jend. A. Yani Metro kini telah berjalan satu tahun sejak diresmikan oleh Walikota Metro pada tanggal 21 Desember 2018 yang lalu. Berdasarkan data rekam medis bulan januari – november 2019 terdapat 161 bayi resiko tinggi untuk masalah penyimpangan tumbuh kembang.

Program Aster Kumbang didukung oleh tenaga-tenaga ahli yaitu Dokter Spesialis Anak, Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik, Dokter Spesialis Lainnya,  Dokter Umum, Terapis Wicara, Fisioterapi, Perawat, Bidan dan Tenaga Ahli Lain yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya. Inovasi pelayanan Aster Kumbang akan terus dikembangkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Foto Bersama Direktur RSUD Jend. A. Yani Metro, Ka. Subdit Kesehatan Balita dan Anak Pra Sekolah Kemenkes Kemenkes RI  dan Unit Rehabilitasi Medik RS. Cipto Mangunkusumo Jakarta, Dinkes Kota Metro dan Tim Aster Kumbang (7/12/2019)

Pada tanggal 7 Desember 2019, Ka. Subdit Kesehatan Balita dan Anak Pra Sekolah Kemenkes RI; dr. Ni Made Diah, MKM dan Unit Rehabilitasi Medik RS. Cipto Mangunkusumo Jakarta ; Prof. Dr. dr. Rini Sekartani, Sp.A (K), dr. Luh Karunia Wahyuni, Sp. KFR (K), Sri Novita Fauza, SST, didampingi oleh Dinas Kesehatan Kota Metro yaitu Kabid Kesmas ; Sri Mintati, ST dan Kesie Kesga Gizi ; Diah Meirawati, SKM, M.Kes. melakukan supervisi program pelayanan klinik tumbuh kembang RSUD Jend. A. Yani Metro

Kegiatan tersebut untuk melihat pelaksanaan pelayanan klinik tumbuh kembang di RSUD Jend. A. Yani Metro.

SUPERVISI KE POLIKLINIK TUMBUH KEMBANG

SUPERVISI PELAYANAN REHABILITASI MEDIK

SUPERVISI KE PELAYANAN TERAPI WICARA

Asuhan Terpadu Klinik Tumbuh Kembang (Aster Kumbang) RSUD Jend. A. Yani  Kota Metro telah melaksanakaan beberapa kegiatan antara lain Sosialisasi keberadaan Aster Kumbang pada :

  1. Komunitas Peduli Autis Lampung (KOPALA),
  2. Komunitas Cerebral Palsy (CP) Lampung,
  3. Seluruh Kader Kesehatan Se-kota Metro
  4. Dharma Wanita Persatuan Kota Metro
  5. Pusat Layanan Autis (PLA) Lampung
  6. Tim SDIDTK (TK Pertiwi Kota Metro)

Sosialisasi pada Komunitas Cerebral Palsy (CP) Lampung

Sosialisasi pada Komunitas Peduli Autis Lampung (KOPALA)

Sosialisasi di TK Pertiwi Metro

Aster Kumbang RSUD Jend. A. Yani Metro akan terus dikembangkan dengan melakukan inovasi- inovasi. Program Inovasi yang akan segera diluncurkan dalam waktu dekat adalah MADANI, yaitu Mandiri Asuhan Ahmad Yani;  merupakan edukasi bagi keluarga terutama orang tua dari anak-anak yang mengalami gangguan pada fase tumbuh kembangnya agar mau dan mampu melakukan stimulasi tumbuh kembang pada anak-anaknya secara mandiri dirumah  (home programme). Evaluasi Pelaksanaan MADANI (Mandiri Asuhan Ahmad Yani) akan dilakukan secara  berkala sekitar 3-6 bulan oleh Tim Aster Kumbang tergantung kondisi setiap anak.

Networking program Aster Kumbang RSUD Jend. A. Yani Metro telah dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan TK Pertiwi Metro, selanjutnya secara bertahap akan dilakukan kerjasama  dengan TK lainnya di kota Metro untuk menangani anak-anak yang mengalami gangguan pada pertumbuhan dan perkembangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *