PELAYANAN POLIKLINIK TUMBUH KEMBANGRSUD JEND. A. YANI METRO

KLINIK TUMBUH KEMBANG RSUD Jendral. A. Yani  Metro  telah diresmikan oleh Walikota Metro pada tanggal Jum’at, 21 Desember 2018.

Peresmian Klinik Tumbuh Kembang Oleh Walikota Metro

Asuhan Terpadu Klinik Tumbuh Kembang (Aster Kumbang) RSUD Jend. A. Yani  Kota Metro adalah layanan tumbuh kembang terpadu dari RSUD Jend. A.Yani dengan membentuk networking termasuk dengan TK di kota Metro untuk anak-anak yang mengalami gangguan pada pertumbuhan dan perkembangannya, di dalamnya kolaborasi dr. Spesialis Anak, dr. Spesialis rehab medis, dr. disiplin ilmu lainnya, terapis wicara, fisioterapi, dll.

Program ini difokuskan pada peningkatan kemampuan tenaga kesehatan dalam membina orang tua/keluarga dari anak difabel. Program ini berguna untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemandirian keluarga/orangtua dari anak dengan disabilitas dalam memberikan perawatan kesehatan, pola asuh anak dan upaya perlindungan terhadap penyakit serta rehabilitasi disabilitas di tingkat keluarga.

Pelayanan pada Poliklinik tumbuh kembang diantaranya Dokter Spesialis Anak 1 orang, Dokter Spesialis rehabilitas medik 1orang,Dokter Umum 2 orang, Bidan 1 orang, Perawat 2 orang, Terapi Wicara 1 orang, Therapist 2 orang, dan  Tenaga Administrasi 1 orang. Selain itu Poliklinik Tumbuh Kembang telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti Ruang Tunggu dan Ruang Bermain, Ruang Penilaian/Assesment, Ruang Intervensi, Papan Nama Klinik Tumbuh Kembang, Fasilitas Toilet, Box Screening, Puzzle, Balok Pasak, Susun Donat, Jumping Animal, Jumping Ball, Set Motorik Halus, Karpet Kotak, Matras, Furnitur Set, Matras,  Kaca, Guling, Flash Card, Puzzle, Alat Tiup dan Hisap, Vibrator, dan  Miniatur Hewan dan Makanan.

IMG-20191206-WA0017.jpg
Salah satu Fasilitas di Klinik Tumbuh Kembang

Penyediaan pelayanan tumbuh kembang merupakan upaya untuk mendukung program Kementerian Kesehatan RI untuk meningkatkan kemandirian keluarga/orang tua dari anak penyandang disabilitas (difabel). Pemberdayaan dilakukan dengan memberikan perawatan kesehatan, pola asuh anak, dan upaya perlindungan dari penyakit, serta rehabilitasi disabilitas di tingkat keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *