Rabu, 14 Juni 2023 telah dilaksanakan Lomba Tenaga Kesehatan Teladan tingkat Provinsi Lampung, Ns. Yusmiana S.Kep adalah salah satu perwakilan RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro. Dalam hal ini beliau mengangkat sebuah inovasi yang berjudul “MANTAN BARU PASHA” (Pemantauan Pengambilan Obat Rutin Pasien HIV/AIDS).

Inovasi yang digagas ole Ns. Yusmiana S,Kep dimulai sejak tahun 2021, bertujuan untuk menurunkan angka LFU atau Jumlah Pasien Putus Obat pada Pasien HIV/AIDS yang mengambil obat ARV di POLI VCT Sehati. LFU adalah ketidakhadiran pasien dalam pengambilan obat  ARV selama 3 bulan atau 90 hari secara terus menerus. Jumlah pasien yang mengabil obat sampai dengan bulan April 2023 sebanyak 104 orang. Inovasi ini di Inisiasi sebab tingginya angka LFU di RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro. Dengan menghubungi Pasien atau Keluarga Pasien untuk mengingatkan pengambilan obat 2 Hari sebelum jadwal obat habis dengan aplikasi whatsapp. Serta, Pasien ataupun keluarga Pasien akan di telpon jika tidak hadir saat pengambilan Obat.

Program Perlombaan Tenaga Kesehatan Teladan 2023 ini jika lolos di tingkat Provinsi maka akan dilanjutkan di tingkat Nasional. Diharapkan Inovasi ini selain efektif dilaksanakan di RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro juga dapat menjadi Referensi untuk Instansi Kesehatan di Seluruh Indonesia melalui Program Nakes Teladan ini. (HUMAS RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro)