World Patient Safety Day 2020

PERINGATAN HARI KESELAMATAN PASIEN SEDUNIA

Tanggal 17 September 2020, Organisasi Kesehatan Dunia, mitra internasional, dan semua negara akan merayakan Hari Keselamatan Pasien Sedunia.

Safe Health Workers, Safe Patients (selamatkan pekerja kesehatan, selamatkan pasien) menjadi tema tahun ini.

Hari Keselamatan Pasien Sedunia ditetapkan oleh Majelis Kesehatan Dunia ke-72, pada Mei 2019, dengan adopsi resolusi WHA72.6 tentang “Tindakan global terhadap keselamatan pasien”, dan pengesahan untuk Hari yang akan ditandai setiap tahun pada 17 September.

Hari Keselamatan Pasien Sedunia didasarkan pada serangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Global tahunan yang sukses tentang Keselamatan Pasien, yang dimulai di London pada tahun 2016.

Tujuan Peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia adalah :

“untuk meningkatkan pemahaman global tentang keselamatan pasien, meningkatkan keterlibatan publik dalam keselamatan perawatan kesehatan, dan mempromosikan tindakan global untuk meningkatkan keselamatan pasien dan mengurangi bahaya pasien,”berlandaskan pada prinsip dasar pengobatan pertama, yaitu jangan merugikan.

Pandemi COVID-19 saat ini merupakan salah satu tantangan dan ancaman terbesar yang harus dihadapi dunia dan umat manusia, dan perawatan kesehatan sedang mengalami krisis terbesar dalam keselamatan pasien! Pandemi telah memberikan tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada sistem kesehatan di seluruh dunia.

Sistem kesehatan hanya dapat berfungsi dengan adanyapetugas kesehatan, dan tenaga kesehatan yang berpengetahuan, terampil dan termotivasi dimana hal tersebut merupakan bagian yang sangat penting dalam penyediaan perawatan yang aman bagi pasien.

Tujuan Hari Keamanan Pasien Sedunia 2020:

  • Meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya keselamatan pekerja kesehatan dan keterkaitannya dengan keselamatan pasien
  • Libatkan berbagai pemangku kepentingan dan terapkan strategi multimoda untuk meningkatkan keselamatan petugas kesehatan dan pasien
  • Menerapkan tindakan mendesak dan berkelanjutan oleh semua pemangku kepentingan yang mengakui dan berinvestasi dalam keselamatan pekerja kesehatan, sebagai prioritas keselamatan pasien
  • Memberikan pengakuan atas dedikasi dan kerja keras petugas kesehatan, terutama di tengah perjuangan melawan COVID-19 saat ini

Ajakan Bertindak
WHO mendesak semua pemangku kepentingan untuk “Bersuara untuk keselamatan pekerja kesehatan!”

SPEAK UP

FOR HEALTH WORKERS SAFETY


Pandemi COVID-19 merupakan tantangan besar yang dihadapi petugas kesehatan secara global. Bekerja di lingkungan yang penuh tekanan memperburuk risiko keselamatan bagi petugas kesehatan, termasuk resikoterinfeksi dan berkontribusi pada wabah di fasilitas perawatan kesehatan. Petugas kesehatan harus menerapkan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri dan tindakan pencegahan dan pengendalian infeksi lainnya. Bila tidak diterapkan dengan baik dan tepat dapat menyebabkan kesalahan yang berpotensi membahayakan pasien dan pekerja kesehatan. Di banyak negara, petugas kesehatan menghadapi peningkatan risiko infeksi, kekerasan, kecelakaan, stigma, penyakit dan kematian.

Menerangi monumen dengan warna oranye

Sebagai Ciri khas kampanye global World Safety Day bulan September ini, WHO menghimbau kepada semua pihak agar dapat menerangi monumen ikonik, landmark, dan tempat umum dengan warna oranye, bekerja sama dengan pihak berwenang setempat. Hal ini dapat menjadi ungkapan sikap hormat dan terima kasih kepada semua petugas kesehatan yang telahberjuang di masa pandemic Covid-19. (admin)

Sumber : https://www.who.int/news-room/events/detail/2020/09/17/default-calendar/world-patient-safety-day-2020

Translater        : hepidays

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *