Direktur RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro dr. Fitri Agustina, M.K.M membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik yang bertema Evaluasi Pelayanan serta Peran Pemuda Kota Metro dalam Mendukung Pelayanan Prima di RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro.
Ucapkan selamat datang dan terima kasih disampaikan beliau kepada seluruh tamu undangan yang hadir pada kegiatan hari ini.
Dalam sambutannya dr. Fitri menyampaikan bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) terus mendorong instansi pemerintah untuk melibatkan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan publik. Oleh karena itu RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro mengadakan Forum Konsultasi Publik (FKP) guna perbaikan dan peningkatan pelayanan publik. Forum Konsultasi Publik diselenggarakan untuk mendapatkan keselarasan antara masyarakat dan kemampuan penyelenggara pelayanan atau rumah sakit.
Selain Forum Pelayanan Publik untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik, rumah sakit juga melakukan survei kepuasan masyarakat. Tahun 2024 RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro menyelenggarakan survei kepuasan masyarakat dengan nilai 83,20% yang artinya secara umum kualitas pelayanan di lingkup RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro dipersepsikan BAIK.
Keterlibatan masyarakat dalam pelayanan publik ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Permen PANRB Nomor 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan: Regulasi tersebut menyatakan agar setiap penyelenggara publik mengikutsertakan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
Dalam memberikan pelayanan RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro berpegang pada visi, misi, tujuan, program dan motto yang telah kami tetapkan bersama. Hal ini merupakan komitmen pokok yang kami pegang untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan sehingga kepuasan pasien semakin meningkat yang bermuara pada kepercayaan masyarakat Kota Metro dan sekitarnya terhadap RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro.
Di akhir sambutannya dr. Fitri menyampaikan Kami sangat mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro.
Kegiatan Forum Konsultasi Publik ini bertempat di aula diklat RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro dengan tamu undangan 30 orang meliputi Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Bagian Organisasi, Direktur RSUD Sumber Sari Bantul, Camat, Lurah, Rektor Universitas Dharma Wacana, PJS Ketua TP PKK Kota Metro, Ketua Karang Taruna Kota Metro, Ketua HIPMI Kota Metro, Perwakilan keluarga pasien haemodialisa dan pasien kemoterapi serta media.
Moderator dalam diskusi Forum Konsultasi Publik ini Wakil Direktur Perencanaan, Keuangan dan Tata Usaha Hendarto, SKM., M.Kes dengan narasumber Direktur RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro dr. Fitri Agustina, M.K.M dan Wakil Direktur Pelayanan dr. Hasril Syahdu. Beberapa pertanyaan dan masukan disampaikan oleh tamu undangan terkait dengan peningkatan pelayanan, peningkatan sarana prasarana rumah sakit dan area parkir.
Forum Konsultasi Publik diakhiri dengan Penandatanganan Berita Acara Forum Konsultasi Publik Tahun 2024 oleh perwakilan tamu undangan.