Kamis, 26 Oktober 2023 dilaksanakan pembukaan In House Training Komunikasi Efektif kepada Seluruh Pegawai garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat di lingkungan Rumah Sakit. ini wujud dari peningkatan sumber daya manusia yang ada di RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro. Kegiatan ini berfokus kepada pegawai yang berhadapan langsung dengan Pasien/pengunjung di IGD, Rawat Inap, Maupun di Poliklinik Rawat Jalan. diantaranya Frontliner Pendaftaran Rawat Jalan sampai Security maupun Petugas Parkir.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 Hari hingga esok Jumat, 27 Oktober 2023. dengan Pemateri sebagai berikut :

  1. Estelita Kesuma, SKM, M.Kes
  2. Ns. Andin Atmini, S.Kep, (TOT Komef)
  3. Ns. Lucy Arny Sidharti, S.Kep (TOT Komef)
  4. Ns. Vera Susanti , S.Kep
  5. Hepi Desi Elitasari, SKM

Komunikasi Efektif juga didukung penuh dengan antusias dari pegawai yang mengikuti kegiatan ini. acara ini di buka oleh WaDir Pelayanan dr. Hasril Syahdu serta di dampingi oleh Kabid Diklat Singgih Pramono, SKM ,serta Kabag Tata Usaha Estelita Kesuma, SKM., M.Kes.

Komunikasi efektif merupakan salah satu standar upaya keselamatan pasien rumah sakit. Komunikasi yang berupa pesan yang tepat waktu, akurat, lengkap, tidak ambigu dan dapat diterima oleh penerima pesan. Komunikasi ini dapat berbentuk verbal, eletronik atau tertulis. Komunikasi secara lisan atau telepon saat memberikan perintah atau laporan adalah sangat rentan terjadi kesalahan yang berujung pada kondisi yang membahayakan pasien. Setelah di laksanakan kegiatan ini setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu menerapkan ketrampilan komunikasi efektif secara optimal dalam pelayanan rumah sakit. (HUMAS RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro)