Rumah Sakit adalah tempat yang disediakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan pelayanan penunjang kesehatan lainnya bagi masyarakat, dan tempat bagi pelayanan kesehatan untuk mengabdikan dirinya bagi kesehatan masyarakat dan pengguna jasa Rumah Sakit.
Pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Jend. A. Yani yang terdiri dari tenaga medis, para medis perawatan, para medis non perawatan dan tenaga non medis, adalah tenaga yang sangat potensial dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan merupakan aset paling utama, oleh karena itu pengembangan sumber daya manusia, karir dan kesejahtraannya perlu diperhatikan.
Penderita yang mendapat pelayanan di RSUD Jend. A. Yani adalah dengan keadaan yang perlu mendapatkan bantuan Bio-Pisiko-Sosial dengan menerapkan motto ASIH
A : Apik, Anggun, Asri, Aman
S : Senyum, Salam, Sapa
I : Ikhlas, Iman, Inisiatif
H : Harapan Masyarakat dan Keluarga
Profesionalitas sumber daya manusia di Rumah Sakit Umum Daerah Jend. A Yani dalam melaksanakan tugas perlu dikembangkan, dan dilandasi dengan etos kerja, keteladanan, efektifitas dan efisiensi, kebersamaan, budaya disiplin, dan tanggung jawab akan membawa keberhasilan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan.
Pelayanan yang diberikan di Rumah Sakit Umum Daerah Jend. A Yani, harus berorentasi kepada pelanggan (Costomer Oriented).
Rumah Sakit Umum Daerah Jend. A. Yani dikelola berdasarkan manajemen dengan orentasi sosial dan ekonomi untuk membentuk organisasi yang kuat dan tangguh serta mampu berkembang sebagai Rumah Sakit unit Swadana Daerah yang mandiri dan dibanggakan.