Pelayanan Unggulan

PELAYANAN UNGGULAN RSUD JEND. A. YANI METRO

1. CT Scan 16 slide

RSUD Jend. A. Yani telah memiliki CT Scan 16 Slide yang dapat digunakan untuk menilai semua organ tubuh pasien. Alat ini dianggarkan melalui dana APBN tahun anggaran 2013 dan rencana akan dioperasionalkan tahun 2014 .CT Scan adalah suatu prosedur yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari berbagai sudut kecil dari tulang tengkorak dan otak.

Tujuan penggunaan CT Scan

Menemukan patologi otak dan medulla spinalis dengan teknik scanning/pemeriksaan tanpa radioisotope. Dengan demikian CT scan hampir dapat digunakan untuk menilai semua organ dalam tubuh, bahkan di luar negeri sudah digunakan sebagai alat skrining menggantikan foto rontgen dan ultrasonografi. Yang penting pada pemeriksaan CT scan adalah pasien yang akan melakukan pemeriksaan bersikap kooperatif artinya tenang dan tidak bergerak saat proses perekaman. CT scan digunakan untuk :

Menilai kondisi pembuluh darah misalnya pada penyakit jantung koroner, emboli paru, aneurisma (pembesaran pembuluh darah) aorta dan berbagai kelainan pembuluh darah lainnya.
Menilai tumor atau kanker misalnya metastase (penyebaran kanker), letak kanker, dan jenis kanker.
Kasus trauma/cidera misalnya trauma kepala, trauma tulang belakang dan trauma lainnya pada kecelakaan. Biasanya harus dilakukan bila timbul penurunan kesadaran, muntah, pingsan ,atau timbulnya gejala gangguan saraf lainnya.
Menilai organ dalam, misalnya pada stroke, gangguan organ pencernaan dll.
Membantu proses biopsy jaringan atau proses drainase/pengeluaran cairan yang menumpuk di tubuh. Disini CT scan berperan sebagai “mata” dokter untuk melihat lokasi yang tepat untuk melakukan tindakan.
Alat bantu pemeriksaan bila hasil yang dicapai dengan pemeriksaan radiologi lainnya kurang memuaskan atau ada kondisi yang tidak memungkinkan anda melakukan pemeriksaan selain CT scan.

2. Bronchoscopy

RSUD Jend. A. Yani telah memiliki alat Bronchoscopy sejak tahun 2012, melalui sumber dana APBN tahun 2012 dan dioperasionalkan mulai tahun 2013. Di Kota Metro hanya RSUD Jend. A. Yani yang memiliki alat ini.

Bronchoscopy adalah Tindakan invasif pada trakea dan percabangan bronkus untuk diagnostic dan terapeutik

Tujuan penggunaan :

1. Menilai keadaan percabangan bronkus
2. Mengambil bahan / spesimen ( diagnostik )
3. Melakukan tindakan terapeutik
4. Perioperatif

Indikasi :

1. Diagnostik
2. Penyakit paru
3. Kanker paru
4. Nodul paru soliter
5. Penyakit paru interstisial (ILD)
6. TB endobronkial
7. Batuk menetap atau perubahan warna sputum
8. Kelainan foto toraks yang belum jelas
9. Pneumotoraks
10. Terapeutik/pengobatan

3. PERIMETRI

RSUD Jend. A. Yani telah memiliki alat perimetri sejak tahun 2012, dan mulai digunakan sejak tahun 2013. Di Provinsi Lampung Hanya RSUD Jend. A. Yani Yang memeiliki alat ini.

Perimetri adalah penggunaan alat untuk memeriksa lapangan pandang dengan mata terfiksasi sentral. Penilaian lapangan pandang merupakan hal yang penting dilakukan pada keadaan penyakit yang mempunyai potensi terjadinya kebutaan. Pada penyakit Glaukoma pemeriksaan ini berguna dalam pengobatan penyakit dan pencegahan kebutaan.

Contoh pemeriksaan dengan perimetri :

4. Hemodialisa

Sejak tahun 2005, Unit Hemodialisa telah dibuka, sampai dengan tahun 2014 ,RSUD Jend. A. Yani memiliki 10 mesin hemodialisa, di Kota metro hanya Rumah sakit Umum yang memiliki Unit hemodialisa (Cuci darah).

Pengertian Haemodialisis
Hemodialisa berasal dari kata hemo=darah,dan dialisa=pemisahan atau filtrasi. Padaprinsipnya hemodialisa menempatkan darah berdampingan dengan cairan dialisat atau pencuci yang dipisahkan oleh suatu membran atau selaput semi permeabel. Membran ini dapat dilalui oleh air dan zat tertentu atau zat sampah.

Tujuan Hemodialisa
Sebagai terapi pengganti, kegiatan hemodialisa mempunyai tujuan :
a. Membuang produk metabolisme protein seperti urea, kreatinin dan asam urat
b. Membuang kelebihan air.
c. Mempertahankan atau mengembalikan system buffer tubuh.
d. Mempertahankan atau mengembalikan kadar elektrolit tubuh.
e. Memperbaiki status kesehatan penderita.

5. Endoscopy

Sejak tahun 2005 RSUD Jend. A. Yani telah memiliki alat Endoscopy, pelayanan Endoscopy di Kota Metro, hanya ada di Rumah Sakit Umum.

Endoscopy adalah merupakan alat untuk meneropong organ-organ dalam tubuh manusia tanpa sayatan atau dengan sayatan kulit minimal.

Pemeriksaan / tindakan pengobatan didalam saluran pencernaan yang menggunakan peralatan berupa teropong (Endoscopy)
Keunggulannya antara lain :

Dapat melihat dengan jelas lokasi dan jenis kelainan dalam rongga saluran cerna
Tindakan pengobatan dengan resikonya jauh lebih ringan daripada tindakan operasi.
Dapat menggantikan fungsi tindakan operasi, lebih nyaman, biaya lebih murah dan efisien.
Hasil pemeriksaan dapat langsung dicetak.