BIMBINGAN SNARS EDISI 1 RSUD JEND. A. YANI METRO

BIMBINGAN STANDAR NASIONAL AKREDITASI RUMAH SAKIT (SNARS) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH JENDERAL AHMAD YANI METRO LAMPUNG

RSUD Jend. A. Yani Metro mengadakan Bimbingan Akreditasi SNARS Edisi I selama dua hari yang di mulai, Senin (11/02/2019) dan Selasa (12/02/2019) di Aula Diklat RSUD Jend. A. Yani Metro.

Direktur RSUD Jend. A. Yani Metro, drg. Erla Andrianti, MARS mengatakan kegiatan ini merupakan bimbingan akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Sebagaimana diketahui RSUD Jend. A. Yani Metro telah mengikuti proses akreditasi 3 kali yakni pada tahun 2016, 2017 dan 2018 namun demikian standar-standar yang digunakan masih standar Akreditasi Rumah Sakit versi tahun 2012.

“Tahun 2019, KARS tidak lagi menggunakan instrumen versi 2012, tapi menggunakan instrumen SNARS Edisi 1”, Terangnya.

Sambutan Pembukaan Bimtek SNARS Edisi 1 Oleh Direktur

 

Akreditasi rumah sakit di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan, diawali versi 1997 kemudian dilanjut versi 2012, dan sekarang ini akan dimulai menggunakan standar akreditasi rumah sakit SNARS Edisi I yang berlaku efektif di 2019. KARS selaku lembaga independen yang diberi kewenangan untuk mengakreditasi rumah sakit diseluruh Indonesia,akan menggunakan SNARS edisi I telah mengacu pada prinsip-prinsip standar akreditasi dari ISQua, Peraturan perundang-Undangan yang wajib dipatuhi dan dilaksanakan oleh Rumah Sakit di Indonesia, Standar akreditasi JCI edisi 4 dan edisi 5, Standar akreditasi rumah sakit KARS versi 2012, serta hasil kajian, hasil survei dari standar dan elemen yang sulit dipenuhi oleh RS di Indonesia.

Pemberian Materi Bimtek SNARS Edisi 1

Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai pemateri dr. Hanun Ernatyaswati, MARS dari Komisi Akreditasi RS RI, seluruh pejabat struktural dan komite serta pokja akreditasi RSUD Jend. A. Yani Metro. Kegiatan bimbingan ini dibagi menjadi 2 (dua) sesi bimbingan. Pada hari pertama (Senin, 11/02/2019), bimbingan pada Komite Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) dan Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS), sedangkan pada hari kedua (Selasa, 12/02/2019) pembimbingan kepada komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK).

Telusur Lapangan ke Laboratorium

Narasumber Tim KARS tidak hanya memberikan materi on class yang terkait Akreditasi Rumah Sakit, tetapi juga di setiap akhir sesi melakukan survey lapangan/telusur di lingkungan RSUD Jend. A. Yani Metro guna melihat persiapan kondisi sarana dan prasarana serta kelengkapan elemen penilaian Akreditasi sampai sejauh mana yang telah disiapkan oleh RSUD Jend. A. Yani Metro saat ini.

Hanun Ernatyaswati, MARS selaku Pembimbing SNARS Edisi 1 ini tidak sungkan berbagi ilmu dan berdiskusi untuk mendapatkan solusi alternatif guna mendapatkan standar pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi dan sejalan dengan akreditasi level paripurna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *